WELCOME TO MY BLOG, I HOPE ENJOY IT

Jejak Zuaa: Program Calculator Dengan Bahasa C
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, 05 Maret 2012

Program Calculator Dengan Bahasa C

Untuk membuat program kalkulator sederhana yang hanya menghitung dari 2 angka saja bisa menggunakan Switch Case. Instruksi switch digunakan untuk menjalankan salah satu pernyataan dari beberapa kemungkinan pernyataan, berdasarkan nilai dari sebuah ungkapan / ekspresi. Hampir sama fungsinya dengan nested if atau else if. Nilai disini yang hanya berlaku pada instruksi Switch Case adalah nilai berupa data integer atau data char. Pada contoh program dibawah, ungkapan/ekspresi yang digunakan adalah nilai dari variable TipeOpr.
#include 
#include 

void main()
{
 float Angka1, Angka2, Hasil = 0;
 char TipeOpr;
 cout<<"Program Kalkulator\n";
 cout<<"------------------\n";

 cout<<"\nMasukkan Angka ke 1 : ";
 cin>>Angka1;
 cout<<"Operator (+,-,*,/)  : ";
 TipeOpr=getche();
 cout<<"\nMasukkan Angka ke 2 : ";
 cin>>Angka2;

 switch(TipeOpr)
 {
  case '+': Hasil=Angka1+Angka2; break;
  case '-': Hasil=Angka1-Angka2; break;
  case '*': Hasil=Angka1*Angka2; break;
  case '/': Hasil=Angka1/Angka2; break;
  default : cout<<"\nOperator Salah. Default dipakai\n";
      TipeOpr='+';
      Hasil=Angka1+Angka2;
 }
 cout<<"\nHasil = "<<
 getch();
}

Variable yang digunakan pada program ini adalah tiga variable float dan variable TipeOpr bertipe char yang nantinya digunakan sebagai pembanding pada pernyataan Switch Case. Nilai pembanding diterima dari input keyboard melalui instruksi TipeOpr=getche(). Mengapa disini saya tidak menggunakan cin dikarenakan kita hanya membutuhkan 1 karakter saja dan juga data yang diterima berupa data char bukan integer. Instruksi getche() sama dengan getch() bedanya getche() menampilkan 1 karakter yang kita input.
Algoritma dari switch case diatas, jika nilai yang diterima dari variable TipeOpr sama dengan +,-,*, atau / maka instruksi case yang sesuai akan menjalankan pernyataan didalamnya. Setiap pernyataan pada case selalu diakhiri dengan “break”. Fungsinya adalah jika pernyataan yang sesuai sudah dijalankan maka akan langsung keluar dari instruksi Switch, pernyataan case dibawahnya akan diabaikan. Biasanya pada akhir dari pernyataan case, dibawahnya juga ditambahkan pernyataan default: yang hanya akan dieksekusi apabila nilai yang diterima dari variable TipeOpr tidak ada yang sesuai. Biasanya digunakan untuk menangkap error atau kesalahan input.
Pada baris perintah cout diatas, didalamnya kita melihat ada 2 karakter tambahan yaitu “\n”. Fungsinya sama dengan perintah cout<