WELCOME TO MY BLOG, I HOPE ENJOY IT

Jejak Zuaa: Setting Ad-Hoc Wirelless Network di Windows XP
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, 05 Maret 2012

Setting Ad-Hoc Wirelless Network di Windows XP

 adhoc-wireless-network
Anda punya notebook atau komputer yang mempunyai koneksi wi-fi?. Apakah Anda tahu bahwa Anda dapat mengatur jaringan nirkabel ad hoc tanpa menggunakan router dan switch?. Tentu saja, Anda juga dapat menggunakannya untuk berbagi file atau printer diantara 2 atau lebih komputer secara nirkabel.
Anda dapat mengkoneksikan hingga 9 komputer. komputer mengirim data secara langsung satu sama lain. Satu-satunya kelemahan dari pendekatan ini adalah dukungan jangkauan nirkabel yang terbatas.
Perhatikan diagram di bawah ini : sebuah komputer terhubung ke Internet yang dilengkapi dengan adaptor nirkabel. sebuah komputer dan notebook yang di lengkapi wireless adapter. Anda dapat mengatur ad-hoc jaringan nirkabel untuk berbagi koneksi internet tanpa menggunakan router atau switch.

Alokasi IP Address
Anda perlu mengalokasikan alamat IP untuk setiap komputer. Jika Anda memiliki 3 komputer, Anda dapat menetapkan 192.168.0.1, 192.168.0.2 dan 192.168.0.3 untuk setiap komputer dengan netmask 255.255.255.0. jika anda belum paham cara mengeset IP address, anda bisa lihat disini.

Host Computer Configuration
1) Mari kita mulai dengan konfigurasi, di sini saya akan memilih salah satu komputer untuk memulai konfigurasi, klik kanan adaptor nirkabel dan kemudian klik properties.
2) Wireless Network Connection Properties akan muncul. Klik tab Wireless Networks, centang Use Windows to configure my wireless network settings. Setelah itu klik tombol Advanced.



wireless-network-properties2


3) Advanced window akan muncul. Pilih Computer-to-komputer (ad hoc) networks only. Klik Close.
ad-hoc-mode

4) Setelah itu, klik Add untuk menambahkan jaringan nirkabel ad hoc.
add-ad-hoc-network
5) isikan nama notwork Ad-Hoc anda pada bagian Network name (SSID). pada bagian Wireless network key, cobalah untuk menggunakan otentikasi terbuka tanpa enkripsi terlebih dahulu. Setelah diuji itu bekerja dengan baik, lanjutkan untuk mengaktifkan WPA atau WEP enkripsi. Klik OK.
ad-hoc-setting


6) Sekarang Anda akan melihat jaringan ad hoc yang baru anda buat dalam daftar jaringan pilihan. Sampai sini anda telah selesai mengkonfigurasi komputer host.
created-ad-hoc-network


Konfigurasi Komputer Klien
1) Pada komputer klien yang lain, Anda cukup ikuti langkah 2 dan 3 pada konfigurasi komputer host di atas.
2) klik kanan adaptor nirkabel, kemudian pilih view available wireless networks, Anda akan melihat jaringan Ad-hoc nirkabel yang telah anda buat, klik Connect. maka anda telah terhubung dengan jaringan wireless ad-hoc.